Hidup Sehat, Jantung Sehat, Happy Happy

27 Sep 2016

Duh, tanganmu kok basah?

Jangan-jangan kamu terkena gejala jantung…

Perkataan itu membuatku shock saat pertama kali mendengarnya. Aku memang sering mengeluarkan keringat banyak pada tangan dan kakiku. Apalagi saat panik dan grogi, keringat di tanganku sampai menetes ke bawah. Beberapa keluarga dan temanku yang sadar dengan keanehanku, menyarankan untuk memeriksakan diri ke dokter karena mungkin saja aku terkena jantung.

Akupun mengecek kesehatan dan melakukan pengobatan alternatif. Bersyukur hasilnya negatif berpenyakit jantung.

Gejala berkeringat berlebihan sepertiku meskipun saat itu suhu temperaturnya tidak panas atau tidak beraktivitas ekstra disebut hiperhidrosis. Hiperhidrosis memang bisa menjadi tanda-tanda gejala jantung, tapi bisa juga disebabkan oleh gangguan lain seperti gangguan hormon, gangguan metabolisme, penyakit saraf, infeksi, kelainan pada pembuluh darah dan stres. Jika adanya gejala jantung, biasanya selain ditandai dengan telapak tangan basah, disertai juga dengan nyeri bagian dada, sesak nafas, jantung berdebar-debar, dan batuk-batuk. Bersyukur untuk tanda-tanda selain telapak tangan basah itu tidak aku alami. Mungkin itu penyebabnya aku negatif berpenyakit jantung.

Meskipun demikian, aku selalu waspada dengan penyakit jantung. Karena aku tahu penyakit jantung termasuk penyakit kronis yang beresiko kematian. Bahkan banyak dijumpai kematiannya secara tiba-tiba. Banyak aku dengar cerita orang, pagi hari masih sehat wal’afiat namun sore harinya meninggal secara tiba-tiba. Konon meninggalnya karena serangan jantung.

Pepatah mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena itu aku berupaya melakukan usaha preventif demi menghindari penyakit jantung. Aku juga sadar bahwa biaya pengobatan jantung itu mahal. Makanya lebih baik melakukan usaha preventif demi mencegah gejala jantung daripada mengobati jika sudah terserang penyakit jantung.

Untuk mencegah penyakit jantung, banyak upaya yang aku lakukan. Semua upayanya, aku jalani dengan happy. Karena aku sadar jiwa yang happy adalah kunci utama untuk sehat dan terhindar dari penyakit jantung.

Hidup Sehat, Jantung Sehat, Happy Happy

J- Jalan kaki. Bagiku jalan kaki adalah olahraga sederhana tapi banyak manfaat. Di lingkungan sekitarku, kebiasaan jalan kaki termasuk jarang dilakukan. Orang lain lebih memilih naik kendaraan dari satu tempat ke tempat lain meskipun jarak lokasinya dekat. Namun aku tetap percaya diri berjalan di sekitar komplek untuk sekedar jajan atau berjalan dari gedung yang satu ke gedung lainnya di sekitar kampus meskipun kebiasaanku janggal oleh orang lain. Menurutku jalan kaki adalah olahraga murah meriah dan sangat menyehatkan. Jantungku terpompa kemudian stabil kembali setelah berjalan. Metabolisme keringatpun dapat terjaga dengan berjalan kaki.

A- Awas kegemukan! Aku tidak pernah menjalankan pola diet ketat. Karena aku beruntung tidak diberi tubuh yang mudah gemuk. Padahal kebiasaan makanku selalu 3X/hari. Meskipun demikian, aku berupaya menghindari makanan yang bisa menggemukan seperti makanan yang memiliki kadar gula dan garam tinggi, serta mengandung lemak jenuh tinggi. Karena makanan tersebut dapat memicu tekanan darah tinggi kemudian menyebabkan penyakit jantung.

N- No Alcohol, No smoking. Aku adalah orang yang alergi melihat minuman beralkohol dan rokok. Melihatnya saja aku sudah alergi apalagi mencicipinya. Karena setiap melihat alkohol dan rokok, aku selalu terbayang berbagai macam penyakit yang ditimbulkannya termasuk jantung.

T- Traveling. Traveling adalah hobiku. Aku selalu menyediakan waktu untuk berlibur minimal 2X dalam setahun baik citi tour, bermain di pantai maupun mendaki bukit. Traveling gives me a new experience or knowledge and traveling also makes me happy. Traveling juga dapat menyehatkan karena dapat meregangkan pembuluh darah, membantu menurunkan tekanan darah dan membuat jantung dapat berfungsi lebih baik lagi.

U- Usahakan disiplin menjalankan pola hidup sehat. Menjalani pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan sehat, minum air putih, istirahat cukup, dan berolahraga mudah dilakukan semua orang. Tapi yang sulit itu adalah disiplin melaksanakannya. Untuk mendisiplinkan pola hidup sehat, aku mempunyai tips yaitu selalu membuat daftar kegiatan sehari-hari dan menjalankannya dengan disiplin. Aku sering memberi reward sendiri jika mampu disiplin menjalankan pola hidup sehat.

N- Nonton film komedi, baca cerita lucu, dan kebiasaan lainnya untuk menghindari stres. Bagiku stres adalah kebiasaan utama yang dapat menimbulkan penyakit termasuk gejala hiperhidrosis. Untuk mencegahnya aku selalu mengalihkannya dengan kegiatan yang dapat membuat tertawa. Daripada galau atau stres lebih baik menonton film komedi, membaca cerita lucu yang dapat membuat tertawa. Tertawa dapat membuatku bahagia, awet muda dan tentunya sehat.

G- Gigi dibersihkan secara teratur. Menurut penelitian, penyakit gigi dan gusi dapat memicu imflasi pembuluh darah dan pengerasan arteri. Bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dapat memicu penyakit jantung. Untuk mencegah penyakit jantung, aku berusaha membersihkan gigi secara teratur minimal 2X sehari.

Begitulah caraku untuk menjaga jantung sehat. Yuk, berupaya mencegah penyakit jantung dengan happy happy.


TAGS sehat jantungsehat


-

Author

Follow Me