Asyiknya Belanja Online Perempuan di Kleora App

5 Jul 2015

Bagi perempuan, belanja itu sangat menyenangkan. Karena dapat menghibur diri, merelaksasikan pikiran bahkan dapat melupakan masalah-masalah. Sayangnya tidak semua perempuan mempunyai waktu luang untuk berbelanja. Bersyukur perkembangan teknologi sudah maju sehingga belanja online menjadi alternatif untuk perempuan. Dengan memanfaatkan teknologi seperti itu, Fransiska Hadiwidjana membuat webstore khusus perempuan yang bernama Kleora. Supaya belanja lebih mudah lagi, Fransiska membuat aplikasi android belanja online bernama Kleora App. Wuah tentunya perempuan semakin happy donk.

Produk Kleora App itu complete mulai dari pakaian, sepatu, tas, aksesoris, health & beauty, home & living, baby & kid sampai kuliner. Semua produk tersebut dapat dibeli dengan aman, nyaman dan praktis oleh para perempuan.

Banyak hal yang membuatku tertarik saat mencoba Kleora App, seperti:

Desainnya cantik

Saya suka sekali dengan desain Kleora App. Warna hijaunya lembut dan sejuk di mata. Desainnya cewek banget. Gambar icon lucu. Saya sempat kaget saat meninggalkan chart. Tiba-tiba muncul icon perempuan yang berkata “Kok ditinggalin chart-nya? Transaksi kamu 100% aman dengan rekening bersama. No Tipu-Tipu”. Hihi. Lucu.

Saran untuk Kleora App

  • Memperkecil resolusi Kleora App. Karena aplikasinya terlalu besar untuk android 4.2.2 punya saya. Sehingga smartphone saya tidak bisa bekerja multitasking. Saya harus keluar dari Kleora App saat tiba-tiba ada SMS/WhatsApp. Bahkan untuk screen shoot Kleora App saja, saya tidak bisa.
  • Memperkecil ukuran aplikasi. Aplikasi Kleora App lumayan lambat. Pernah tiba-tiba aplikasinya harus di-update. Sayangnya saya tidak bisa update karena menurut Kleora terjadi gangguan koneksi. Padahal koneksi saya lancar.
  • Memperbaiki aplikasi supaya lebih smooth sehingga nyaman saat scrolling.

Registrasi mudah

Sebelum berbelanja, saya mencoba registrasi dengan melengkapi data diri, alamat, nomor kontak dan foto profil. Kleora menganjurkan untuk menggunakan foto pribadi pembeli/penjual agar lebih terpercaya. Kleora App dapat dikoneksikan dengan media sosial: facebook, twitter dan Instagram. Saya paling mudah mengkoneksikannya dengan facebook karena langsung terintegrasi. Berbeda dengan twitter dan Instagram yang harus mengisi username dan password. Oh iya, registrasi ini tidak hanya berfungsi sebagai pembeli tapi juga penjual.

Saran untuk Kleora App

  • Mempercepat loading foto profil. Saya sudah upload foto profil namun saat saya melakukan chat pertama dengan pembeli, foto saya tidak muncul. Saya keluar dari chat. Saat balik lagi ke chat, barulah foto saya muncul.
  • Memperbaiki koneksi ke twitter dan Instagram. Saya berharap koneksi ke twitter dipermudah dan langsung terintegrasi.
  • Melengkapi form registrasi seperti alamat detail, no KTP supaya pengguna Kleora lebih terpercaya.

Transaksi aman

Kleora App memiliki tiga tahap belanja, yaitu:

  1. Keranjang belanja. Pembeli dapat memilih produk yang diinginkan. Ada juga informasi alamat yang bertujuan untuk mengetahui ongkos kirim.
  2. Shipping & Payment. Berisi biodata pembeli (nama lengkap, alamat lengkap, No HP, email) dan cara pembayaran (bank transfer, Kleocoin, kartu kredit).
  3. Konfirmasi. Menjelaskan nomor order dan transaksi keuangan

Setelah bertransaksi, Kleora akan mengirimkan SMS dan pesan via email. Pembeli yang memilih bank transfer harus melakukan transaksi maksimal 1×24 jam. Setelah itu pembeli melakukan konfirmasi pada fitur konfirmasi.

Saran untuk Kleora App

  • Mengirimkan SMS atas nama Kleora.
  • Melengkapi SMS dengan nomor order supaya pembeli lebih mudah saat konfirmasi.

Fiturnya menarik

Kleora App menyusun produknya rapi sehingga enak dilihat. Berikut ini fitur andalan saya:

Filter

Bagian kanan atas terdapat gambar loop yang dapat digunakan untuk mencari dan mem-filter produk. Produk tersebut dapat di-sortir berdasarkan produk terpopuler, terbaru, termurah dan termahal. Ada juga kategori produk. Jika memilih menu pakaian, maka akan ada kategori atasan, bawahan, dress dll. Ada juga kolom lokasi yang memberikan alamat detail.

Saran untuk Kleora App

Memperkecil minimal harga pembelian. Kleora menetapkan jumlah pembelian minimal Rp 50.000. Menurut saya transaksinya bisa dikurangi menjadi Rp 10.000. Karena beberapa bank seperti BCA bisa melakukan transaksi minimal Rp 10.000.

Penjelasan produk

Kleora App telah menjelaskan produk dengan detail baik foto produk, penjual maupun return policy. Beberapa produk ada yang dapat dikembalikan saat menemukan kecacatan dan ada pula yang tidak dapat dikembalikan. Bagian bawah tengah terdapat menu chat yang memberikan kemudahan pembeli untuk menghubungi penjual.

Saran untuk Kleora App

  • Memperbaiki display produk. Karena saya menemukan gambar produk yang pecah.
  • Membuat menu live chat. Menu chatting memang sangat bermanfaat. Sayangnya tidak bisa live chat sehingga saya harus kembali mengecek chat atau melihat inbox.

Penjelasan penjual

Kleora App menjamin keaslian penjual. No Tipu Tipu.

Saran untuk Kleora App

Melengkapi biodata penjual seperti alamat detail, no kontak, media sosial. Saya menyarankan ada kode terverifikasi untuk penjual supaya lebih percaya.

Secure Payment

Kleora App memberikan fasilitas transaksi dan sistem secure payment yang memberikan jaminan garansi 100% uang kembali jika pesanan tidak sampai.

Kontak Kleora

Dengan adanya kontak Kleora berupa no telepon dan email, saya mudah menghubungi Kleora. Saya juga senang saat menghubungi admin Kleora. Adminnya ramah, komunikatif, rajin dan cepat membalas email.

Kleocoin

Fitur ini adalah favorit saya karena mempermudah transaksi. Cukup dengan mengisi data (nama bank, no rekening, password) pada Kleocoin, saldo pembeli akan berkurang secara otomatis. Sehingga pembeli tidak perlu keluar untuk bertransaksi.

Itulah pengalaman saya saat menggunakan Kleora App. Yuk belanja online di Kleora App.


TAGS Kleora Aplikasi


-

Author

Follow Me